Alan Jackson: Small Town Southern Man (2018)

🌟 8/10 🌟

Sebagai pendengar setia Alan Jackson, saya tidak bisa mengatakan ini film yang buruk. Untuk siapapun yang mendengarkan musik country, Alan bukan tokoh sembarangan. Katakanlah It’s Five O’Clock Somewhere yang ikonik atau Chattahoochee. Tidak ada pendengar musik country yang akan melewatkan Alan Jackson, country adalah Alan dan Alan adalah country itu sendiri.

Dibuka dengan klip pertunjukan langsung Alan membawakan Gone Country, dokumenter ini membedah kehidupan personal sang legenda. Sebenarnya sulit bagi saya untuk menilai sebuah film dokumenter—sebenarnya semua film, hehe—karena mungkin memerlukan sudut pandang objektif. Apa yang bisa saya saksikan hanyalah dokumenter ini terlihat amatir, seperti tidak niat, dan cuma tempel-tempel klip. Kalau misalnya Alan diwawancara, atau melibatkan lebih banyak orang selain keluarga dan produsernya, mungkin bintang lima. Hanya ada beberapa orang yang diberikan pertanyaan di dokumenter ini, pengalaman mereka dengan Alan, dan apa yang mereka suka dari sang koboy. 

Alan Jackson masuk ke telinga saya sekitar sembilan tahun lalu, dan menetap di playlist saya sampai hari ini. Perkenalan dengan musik country adalah bagian dari hidup saya yang sangat manis, dimulai dari masa remaja yang penuh ambisi, penuh rasa cinta juga kebahagiaan. Livin’ on Love selalu saya putar ketika bekerja, dan sembilan tahun lalu bukan hanya menemani tapi memberikan banyak arti. 

2015 adalah masa dimana saya menikmati hidup dengan segala ambisinya : malam minum anggur merah, pagi-pagi berangkat ke sekolah, pulang agak sore, pacaran diam-diam, tengah malam menonton Miyabi. Di masa itu musik country terdengar membahagiakan meskipun saya tidak benar-benar mendengarkan liriknya. Biasanya hanya diputar saja, dijadikan suara latar ketika saya beraktivitas. Tapi selama beberapa tahun terakhir, lirik-lirik di musik country mulai bisa saya nikmati, atau dalam bahasa yang lebih keren : saya bisa berkontemplasi akan lirik-liriknya.


It sounds simple that’s what you’re thinkin’
But love can walk through fire without blinkin’
It doesn’t take much when you get enough
Livin’ on love
Livin’ on love, buyin’ on time
Without somebody nothing ain’t worth a dime
Just like an old fashion story book rhyme
Livin’ on love

Nonton 29 April 2024.

Leave a comment

Oasis of the Zombies (1982)Oasis of the Zombies (1982)30th Apr 2024Azi Satria
Nightmare Sisters (1988)Nightmare Sisters (1988)27th May 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started