Erotic Symphony (1980)

🌟 6/10 🌟

Semakin banyak film Franco yang saya tonton, semakin saya menyadari bahwa Lina Romay memang menggairahkan. Sekarang keduanya sudah berpulang pada Yang Maha Kuasa, semoga ditempatkan di tempat yang baik. Sekontroversial apapun sosok Franco dan Lina, mereka berdua memberikan banyak sumbangsih terhadap dunia seni. 

Film ini dalam judul alternatifnya memiliki tambahan : ‘Marquis de Sade‘. Tentu saja, ada ekspektasi lain jika membicarakan Sade. Mengingat banyak film Franco yang juga mengadaptasi karya Marquis de Sade. Misalnya ada Marquis de Sade : Justine (1969)Eugenie (1970), atau Eugenie de Sade (1973)

Jika dibandingkan tiga film yang disebutkan di atas, Erotic Symphony lebih ringan untuk disaksikan. Dalam berbagai pengertian tentu saja. Misalnya, tidak ada adegan BDSM, juga ceritanya yang cenderung bisa dinikmati semua kalangan—tapi tentu penonton dewasa. 

Menceritakan soal seorang istri yang baru pulang dari Rumah Sakit Jiwa, dan menyadari hal aneh di rumahnya. Sang suami ternyata sudah punya pacar baru : seorang lelaki muda. Sang istri harus berkutat dengan dua permasalahan, ia mengidap skizofrenia dan suaminya yang sekarang tidak mau menyentuh dirinya. Selain itu, ternyata sang suami dan pacarnya menyekap dan memperkosa seorang biarawati. Makin stress sang istri menyadari bahwa ketiga orang itu (suami, pacar suami, biarawati) ingin membunuhnya dan menguasai hartanya.

Jalan cerita yang ringan ini sayangnya tidak bekerja dengan baik, setidaknya untuk selera saya pribadi. Intrik soal keluarga bangsawan yang saling berebut kekuasaan di atas perbuatan bejat masing-masing sedikit membuat ngantuk. Walaupun ‘visual Franco’ ada disini, alias adegan demi adegannya diambil dengan sangat indah dan baik, tetap tidak terlalu menolong.

Mungkin juga karena dengan standar zaman ini, lapisan demi lapisan ceritanya tidak lagi memberikan kejutan. Endingnya sudah bisa ditebak, plus tidak terasa ‘spesial’. Meski begitu, masih bisa dinikmati sebagai hiburan ‘tengah malam’ yang menyenangkan.

Nonton 12 Mei 2024.

Leave a comment

Salakab (2023)Salakab (2023)8th Feb 2024Azi Satria
The Diabolical Dr. Z (1966)The Diabolical Dr. Z (1966)25th Apr 2024Azi Satria
Ku Tunggu Jandamu (2008)Ku Tunggu Jandamu (2008)7th Feb 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started