Transylvania Twist (1989)

🌟 2/10 🌟

Ini film ke-29 yang saya tonton dari Jim Wynorski.

Film ini punya tagline yang sangat percaya diri : “You’ll laugh all the way to the blood bank!” Tapi ternyata itu cuma omong kosong belaka. Setidaknya untuk selera saya pribadi. Film parodi horor ini terlalu garing untuk dikatakan sebagai komedi, dan terlalu biasa untuk dikatakan sebagai ‘horor’.

Jika maksudnya horor merujuk pada penggambaran konyol soal Dracula atau Pinhead, saya rasa lebih mirip Opera Van Java. Komedi-komedi slapstick, dialog yang terlalu berusaha terdengar lucu, sampai dengan set properti dan kostum yang sama payahnya membuat film ini menyedihkan. Kalaupun film ini disebut lucu, penontonnya haruslah anak kecil yang tidak punya tontonan lain untuk disaksikan di hari minggu.

Penyelamat film ini saya rasa hanyalah Teri Copley yang penampilannya menawan. Sementara untuk sisanya, meskipun berusaha mati-matian mengambil referensi dari berbagai film (Hellraiser, beberapa film Dracula, sampai Exorcist) tetap tidak membantu. Lebih mendekati sitkom daripada sebuah film yang ‘berkomedi dengan serius’. 

Meski begitu, perlu diakui bahwa Wynorski di era pra-2000an memang menelurkan banyak karya gemilang. Setidaknya, tidak ada Cindy Lucas atau Julie Smith yang pamer toket di film ini. Transylvania Twist mungkin tidak bisa dikatakan sebagai film yang sangat bagus, tapi ia cukup menghibur. Memberikan nostalgia dan cukup heartwarming. Menonton ini rasanya seperti minum anggur ginseng sambil menyesap rokok dengan kawan-kawan.

Bukan film yang cocok untuk saya, tapi film yang sangat baik jika kita membicarakan Jim Wynorski.

Nonton 04 Mei 2024.

Leave a comment

Vixen! (1968)Vixen! (1968)10th Feb 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started