Fanny Hill (1964)

🌟 1/10 🌟

Saya selalu berekspektasi bahwa film Russ Meyer akan meledak-ledak dan penuh kegilaan, dan kali ini dikecewakan. Sebelumnya, saya pernah menonton The Immoral Mr. Teas (1959) yang meskipun karya Meyer di awal karirnya tapi tetap nakal—dan waktu itu saya berpikir itulah film terburuk Meyer. Sementara Fanny Hill seolah tidak memiliki jiwa yang sama dengan film-film Meyer lainnya. Bukan maksud saya berusaha mengkotak-kotakkan seorang sutradara dan mengaitkan namanya dengan konsep tertentu, hanya saja aneh rasanya menonton ini.

Fanny Hill sendiri merupakan adaptasi dari novel kontroversial karya John Cleland. Disebut kontroversial karena di zamannya, cerita bokep memang tidak lazim. Bayangkan saja tahun 1748 ada seseorang yang membuat novel soal ewean dan menggunakan istilah-istilah yang konon ‘merendahkan’ sifat suci dari hubungan seks dan perempuan. Jangankan di tahun 1700an, di tahun ini saja jika saya menulis novel bokep kemudian menjadikannya buku tentu saya diarak warga.

Karya kontroversial itulah yang jadi landasan film ini. Ceritanya berlokasi di Inggris, dan mungkin karena dibuat oleh orang Amerika, ada beberapa lelucon ‘stereotip’ yang agak aneh dan tidak lucu. Saya belum pernah baca novel aslinya, paling banter cuma baca Enny Arrow atau Fredy S. dan itu pun langsung skip ke bagian si tante bertemu dengan calon menantunya di kamar. 

Film ini, saya bahkan harus menguap berkali-kali selama hampir 2 jam berlangsung. Menguap adalah keharusan saat melihat komedi slapstick dan dialog-dialog konyol dalam cerita yang absurd bin aneh ini. Saya menonton beberapa film dari 50-60an dan karena itu, saya rasa film ini jauh dari standar bahkan pada masanya. Hal paling menarik yang saya saksikan di film ini jujur saja bagian awal dimana ada ikan hidup yang masuk ke belahan toket. Sisanya adalah satu kekonyolan ke kekonyolan yang lain.

Membosankan, lelucon yang tidak lucu, dan karakter yang terlalu berusaha terlihat lucu. Film ini benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk terlihat lucu dan itu adalah masalah terbesar yang saya temukan.

Nonton 13 April 2024.

Leave a comment

Salon Kitty (1976)Salon Kitty (1976)26th Jun 2024Azi Satria
Bone Eater (2008)Bone Eater (2008)17th Jun 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started