99 Women (1969)

🌟 4/10 🌟

Women in prison (WIP) adalah sebuah subgenre dari exploitation yang menurut saya paling aneh, sekaligus paling tidak masuk akal. Pertama, ia secara khusus menyoroti kehidupan para perempuan yang dihukum dalam penjara, kedua, biasanya cerita itu-itu saja atau digabungkan dengan nazisploitation. Jess Franco, dengan fetishnya terhadap S&M pun mencoba peruntungannya dengan genre ini, saya tidak bilang gagal tapi kurang cocok sepertinya.

Meskipun di film ini saya sangat menyukai Zoie yang diperankan oleh Rosalba Neri, sayangnya ciri khas Franco justru tidak bisa tersampaikan dengan baik. Saya menonton versi yang paling panjang—alias yang tidak banyak dipotong adegannya—dan ternyata membingungkan. Banyaknya zoom in ke bagian genital pemeran dalam sela-sela perbincangan agak konyol. Bayangkan saja ketika sang kepala sipir sedang berbincang, tiba-tiba adegan berganti menjadi seseorang sedang asyik memompa penisnya. 

Ceritanya biasa saja, bahkan satu dari yang terburuk. Ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab, dan banyak karakter yang berlalu-lalang tanpa kita tahu untuk apa mereka di sana atau sesederhana siapa mereka sebenarnya.

Isinya seperti yang diharapkan : kekerasan, adegan intim yang vulgar, dan perkelahian yang sebenarnya tidak terlalu niat. Sulit untuk menikmatinya, utamanya dengan cerita yang terlalu standar dan adegan-adegan panas yang sedikit mengganggu untuk ditonton. Lebih penting lagi, filmnya seolah antiklimaks.

Nonton 10 Maret 2024.

Leave a comment

Legend of the Naked Ghost (2017)Legend of the Naked Ghost (2017)3rd May 2024Azi Satria
Virgin Forest (2022)Virgin Forest (2022)8th Feb 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started