Piranhaconda (2012)

🌟 1/10 🌟

Bahkan untuk seorang Jim Wynorski, ini jelek.

Tidak ada kegilaan sama sekali seperti yang saya harapkan dari film-film Wynorski. Kegilaan disini maksudnya adalah kekonyolan alias kebobrokan dan ketidakmasukakalan. Terlalu basic, terlalu berusaha untuk terlihat seperti film sungguhan. Maksudnya begini, Wynorski itu bukan orang biasa, dia membuat film-film jelek di tahap dimana saking jeleknya, filmnya malah terlihat bagus. Piranhaconda tidak demikian, tidak jelek tapi juga tidak bagus. Ia tidak sejelek yang lain dalam hal penceritaan, tapi juga tidak di tahap sesuatu yang bagus. Akhirnya malah sia-sia, yang berharap ini adalah film jelek akan kecewa, dan yang berharap film bagus juga kecewa.

Ceritanya standar, sederhana, sekaligus klise. Ceritanya soal seorang peneliti, sekelompok teroris, dan segerombolan kru pembuatan film. Mereka semua memiliki kepentingan yang berbeda, tapi yang jelas satu per satu mulai menghadapi monster aneh bernama piranhaconda, monster yang setengah anaconda tapi juga setengahnya adalah piranha (yang malah membuat bentuknya konyol). Bentukannya persis Magikarp yang sudah berevolusi dalam serial Pokemon.

Aspek teknisnya tidak usah terlalu dibahas, karena sudah jelas jelek dan tidak terselamatkan. Misalnya, saat seseorang diterkam oleh mahluk ini, yang tampil di layar adalah animasi semprotan merah—yang harusnya darah. Seperti sinetron Indonsiar, tapi isinya bule-bule semua.

Tidak ada jokes yang masuk, mungkin karena kurang konyol juga. Biasanya saya akan tertawa saat mendengar dialognya yang absurd seperti film Jim yang lain, tentu saja sambil berkata “Hahaha apaan anjing.”

Poin keberatan saya sebenarnya lebih terletak pada jalan cerita dan aktingnya yang berusaha keras untuk terlihat seperti sebuah ‘film beneran’. Padahal, Jim, buatlah film seperti biasa : toket, monster, dialog absurd, dan jalan cerita yang tidak masuk akal. Piranhaconda seperti mengkhianati Jim, film ini tidak menampilkan toket gondal-gandul ala Wynorski, dan tidak juga memiliki dialog aneh.

Semuanya terasa kaku, bukan sesuatu yang menyenangkan.

Nonton 19 Februari 2024.

Leave a comment

Dinosaur Island (1994)Dinosaur Island (1994)4th Apr 2024Azi Satria
Room Service (2024)Room Service (2024)8th Feb 2024Azi Satria
Piranhaconda (2012)Piranhaconda (2012)20th Feb 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started