Rintihan Kuntilanak Perawan (2010)

🌟 5/10 🌟

Dalam sebuah berita bertanggal 14 Oktober 2010, terdapat peristiwa sensasional. Sebuah organisasi masyarakat yang kini sudah dibubarkan dan dilarang di Indonesia melakukan aksi sweeping dan memboikot K2K Production. Rumah produksi itu diancam jika berani membawa Tera Patrick ke Indonesia untuk promosi film Rintihan Kuntilanak Perawan, keselamatannya tidak akan terjamin.

Tidak heran hal itu terjadi karena Tera Patrick memang artis film dewasa. Katakanlah bokep-bokep legendaris yang dihiasi oleh namanya. Pemenang banyak penghargaan di industri film dewasa ini secara ajaib muncul di film produksi Master Dumprink. Di film ini, Tera berperan sebagai Alice, seorang gadis perawan yang hobi membunuh orang-orang dengan brutal. Abaikanlah kenapa Yoyok Dumprink berpikir Tera Patrick masih perawan.

Tidak ada komedi dalam film ini, melainkan horror/slasher yang bernapaskan klenik. Ada sebuah band yang namanya Keren Band, dan seorang personilnya ngide untuk melakukan ritual Ajian Semar Pesugihan Mentok. Hal yang perlu disiapkan adalah darah perawan. Sesederhana itu premisnya.

Berbicara film Yoyok Dumprink tidak akan lengkap tanpa membahas bokep element dan toket yang dicloseup terus menerus sepanjang film. Di film ini boleh dikatakan tepat dan mantap. Sebelumnya saya berpikir jika Dedemit Gunung Kidul adalah karya Dumprink yang terbaik, tapi ternyata salah. Rintihan Kuntilanak Perawan memberikan sesuatu yang lebih, yakni elemen slasher.

Bayangkan saja, pada awalnya kita dibuat terlena oleh adegan Angel Lelga—yang pakai pakaian seksi dan menampilkan betapa semok tubuhnya—sedang dicumbui pacarnya, tapi tiba-tiba saat birahi naik, layar berganti menjadi adegan Tera Patrick yang mengebor kepala seseorang. 

Pemilihan castnya baik, juga pemilihan kostum. Dumprink ingin memastikan penonton pria tetap ngaceng sepanjang film dengan menampilkan Angel Lelga kesana-kemari pakai bikini atau baju-baju minim yang mengekspos paha dan belahan dadanya. Tapi sayangnya, secara plot terlalu absurd.

Objektifikasi perempuan dalam film-film Dumprink memang keterlaluan. Tapi itu adalah poinnya. Film-film Dumprink adalah film yang secara khusus ditujukan untuk pasar yang rindu akan film-film panas Indonesia, tapi Dumprink lupa kalau elemen penting dalam film panas bukanlah toket dan paha saja. 

Yoyok Dumprink secara umum selalu menampilkan protagonis perempuan dengan buah dada berukuran jumbo yang akan diganggu hantu. Hampir di setiap filmnya selalu ada adegan yang mengarah ke adegan dewasa, tapi selalu digagalkan oleh penampakan hantu atau sekadar benda-benda bergerak. Mungkin beliau sengaja, ingin mengingatkan kita para penonton agar tidak terlena dan terbuai oleh pancingan syahwat duniawi yang sifatnya sesaat.

Rintihan Kuntilanak Perawan lebih matang dieksekusi dibandingkan film Dumprink yang lain. Dengan darah yang muncrat, adegan-adegan sadis yang meskipun di tahun 2024 terlihat konyol, tapi di masanya lumayan menghibur. Tidak seperti Pocong Mandi Goyang Pinggul yang mendatangkan Sasha Grey tapi tidak dimanfaatkan dengan baik, di film ini Tera Patrick diberikan peran utama yang lebih dominan.

Meskipun terlihat sebagai sebuah film yang konyol, tapi tanpa film-film Dumprink yang absurd, perfilman horror kita mungkin akan stagnan. Dengan film-film penuh kontroversi dan mendatangkan hujatan, banyak orang yang pada akhirnya menata ulang dan mempertanyakan kembali jati diri horror Indonesia. 

Terima kasih Pak Dumprink atas kontribusi besarnya mendatangkan artis-artis panas ke Indonesia.

Nonton 15 Januari 2024

Leave a comment

Sugar Baby (2023)Sugar Baby (2023)8th Feb 2024Azi Satria
The Stabilizer (1986)The Stabilizer (1986)10th Feb 2024Azi Satria
Vampirella (1996)Vampirella (1996)7th Apr 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started