Kungfu Pocong Perawan (2012)

🌟 1/10 🌟

Saya nonton ini sambil kerja dan beberapa kali pergi ke dapur dan makan tahu goreng + sambel kecap, jadi mungkin ada beberapa poin yang miss. Tapi yang jelas, keseluruhan film mahakarya maestro kita Yoyok Dumprink ini memang absurd dan bukan untuk tontonan umum.

Sesuai posternya, film ini isinya soal cerita absurd perguruan kungfu dan sisanya adalah belahan dada, paha, dan keteknya Jessica Iskandar. Tidak usah tanya kenapa, karena Yoyok Dumprink memang punya fetish sendiri dengan ‘bintang tamu’ yang ia hadirkan. Begini konsepnya, jadi beliau membuat sebuah cerita hantu dengan aktor-aktor langganan—yang sebenarnya biasa di TV atau film komedi—kemudian menghadirkan protagonis perempuan yang akan disorot habis-habisan dengan berkali-kali close-up ke bagian-bagian tertentu sepanjang film.

Ceritanya berpusat pada Mey Mey (Jessica Iskandar) dan kisah cintanya dengan Boh Lam (alm. Olga). Mereka tinggal di padepokan Singa Putih yang dipimpin aki-aki yang cocok jadi pemeran Petapa Genit bernama Wong Pe’ak. Ketika sang guru merasa usianya tak lagi muda, ia memanggil senior di padepokan bernama Boh Siaw (Yadi Sembako) untuk melakukan tugas-tugas agar bisa mendapat ilmu dari Wong Pe’ak. 

“Rahasia ilmunya ada di punggung Mey Mey, dan kamu harus melihat Mey Mey telanjang untuk menguasai ilmu pamungkasnya.” Kurang lebih begitu Wong Pe’ak berkata pada Boh Siaw. Entah kenapa tapi memang isi film ini percakapannya menjurus ke hal-hal ranjang semua, dan semuanya tidak lucu.

Sebelum Boh Siaw bisa kawin dan menelanjangi Mey Mey, Wong Pe’ak memerintahkannya untuk mencari kitab suci ke dalam hutan. Karena males pergi sendiri, Boh Siaw mengajak Ang Pao (Daus Mini) bersamanya. Singkat cerita, setelah dapat kitabnya, ternyata Mey Mey diculik. Boh Siaw dan Ang Pao yang panik melihat gadis tercantik di padepokan itu dibawa kabur orang lantas naik motor mengejar. Sayangnya di jalan malah nabrak dan mereka berdua jadi pocong.

Mey Mey diculik oleh Amsyong Lu (Rizky Putra) yang merupakan pengkhianat padepokan. Di bagian ini agak menggelikan. Mungkin Yoyok punya fetish yang sama dengan saya dalam urusan tali temali. Intinya jika anda mau nonton Jessica Iskandar diikat di sebuah gudang oleh pemuda random kurang kerjaan yang sok-sokan preman, langsung skip saja ke bagian penculikan.

Singkat cerita lagi, gelut lah Boh Siaw dan Angpao melawan geng Amsyong Lu. Pocong-pocong ini secara absurd punya kemampuan kungfu yang lebih tinggi dari manusia. Mey Mey selamat dan kembali ke padepokan. Pada akhirnya Boh Siaw harus merelakan Mey Mey bersama Boh Lam. Tentu saja, lha dia pocong.

*

Begitu ringkasan ceritanya dari awal sampai akhir. Tidak perlu ditonton. Selain itu, mari kita do’akan Yoyok Dumprink kembali ke perfilman absurd Indonesia lagi. Siapa tahu, beliau bisa berkarya lebih baik atau justru bisa mengundang artis-artis kenamaan dunia ke dalam horror absurd khas dirinya.

Nonton 14 Januari 2024

Leave a comment

The Silver Mummy (1999)The Silver Mummy (1999)29th Feb 2024Azi Satria
Desperate Women (1985)Desperate Women (1985)25th Apr 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started