Inang (2022)

Alternative title : The Womb (2022)

🌟 7/10 🌟

Saya berpikir Inang adalah sebuah film horror dari posternya. Tapi ternyata ini lebih banyak mengambil sisi drama. Sebagai sebuah film drama, saya menikmatinya. Meskipun sedikit terdengar klasik—drama soal keluarga old money dan melibatkan orang kalangan menengah kebawah yang sedang kesulitan.

Bisa dibilang sebuah drama-thriller yang melibatkan okultisme tradisional. Saya menyukai bagaimana film ini bisa menempatkan jumpscarenya di posisi yang tepat, bahkan lebih bagus daripada film horror yang beredar kebanyakan. 

Ada adegan gore, tapi meskipun sedikit kurang maksimal, usaha menampilkan hal-hal menjijikan di film ini lumayan menarik dan bagus. Wulan sebagai karakter utama yang diperankan Naysila Mirdad juga bagus sekali, begitu menjiwai. 

Fajar Nugros yang sebelumnya lekat dengan romcom atau drama tampaknya membawa sebagian keceriaan itu di Inang. Komedi yang diselipkan di beberapa bagian film rasanya pas, tidak berlebihan dan menambahkan cita rasa yang membuat film ini terasa semakin kuat dan dekat. 

Kekurangannya hanya di endingnya yang cukup klise dan gampang ditebak. Kisi-kisi soal endingnya sudah diberikan sejak kita mengetahui fakta soal Bergas. Pakai plot yang paling sering dieksploitasi juga : kleniknya orang Jawa. 

Untuk sebuah film horror, ini kurang. Tapi sebagai sebuah film drama thriller, saya cukup puas menontonnya. Ketegangan dibangun dengan cukup baik, meskipun yah—bagi saya, respon Bergas dan konklusinya cukup klise. Secara cerita cukup mainstream, tapi dieksekusi dengan berbeda. Senang dengan bagaimana film ini bisa membawakan ketegangan selama hampir 2 jam!

Nonton 04 Desember 2023

Leave a comment

Piranhaconda (2012)Piranhaconda (2012)20th Feb 2024Azi Satria
Sorority House Massacre (1986)Sorority House Massacre (1986)4th Mar 2024Azi Satria
Transylvania Twist (1989)Transylvania Twist (1989)8th May 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started