Eva (2021)

🌟 5/10 🌟

Ketika orang-orang bilang Eva ini film jelek dari Vivamax, saya akan berkata sebaliknya. Eva justru sebuah film yang berbeda, yang menghadirkan sebuah cerita yang utuh tentang drama relasi antara atasan dan bawahan. Apalagi jika menonton film-film Vivamax lain yang berusaha untuk membuat film rumit tapi tidak mampu menyelesaikan ceritanya dengan baik, justru Eva ini adalah sesuatu yang bagus.

Eva seperti menyuarakan suara buruh : Kami hanya mau kerja sesuai jobdesk, tanpa overwork atau kerjaan-kerjaan diluar apa yang sudah disepakati.

Ceritanya manis, meskipun plotnya agak konyol dan absurd. Membawa pesan mengenai objektifikasi antara cinta dan relasi kuasa, Eva sukses membawakan cerita cinta yang ringan dan adegan-adegan erotis yang baik. Tidak berlebihan.

Endingnya tidak ada yang salah, justru itu sebuah konklusi yang baik. Saya heran banyak yang mempertanyakan endingnya. Justru itulah pesan yang dibawa film ini : bahwa kebebasan seseorang dan hak-hak atas kehidupan—dan tubuhnya—harus dihormati oleh semua pihak. 

Ceritanya tidak bertele-tele, tidak muluk-muluk, tapi justru itu kekuatannya. Tontonan ringan yang nyaris tanpa cela dari segi penceritaan, meskipun Vivamax selalu berusaha keras menambahkan karakter-karakter yang tidak berguna ke dalam sebuah cerita yang sebenarnya sudah bagus.

Nonton 27 November 2023

Leave a comment

Inang (2022)Inang (2022)8th Feb 2024Azi Satria
Women in Cellblock 9 (1978)Women in Cellblock 9 (1978)27th May 2024Azi Satria
Salon Kitty (1976)Salon Kitty (1976)26th Jun 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started