The Medium (2021)

🌟 7/10 🌟

The Medium adalah sebuah film horror Thailand yang secara mengejutkan membawa perasaan merinding sampai beberapa saat setelah menonton filmnya. Film dengan gaya mockumentary ini menghadirkan kejadian dan kehidupan mistis di Isan, Thailand. Pada awal film, penonton dibawa melalui sudut pandang Nim, seorang dukun di kampungnya.

Ketika film bergulir lebih jauh, penonton diperkenalkan dengan tokoh lain, masih kerabat Nim. Ada Mink yang merupakan keponakannya, Noi adik Nim, dan beberapa tokoh tambahan lainnya. The Medium menyajikan ritual dan kepercayaan lokal di Isan, lengkap dengan bagaimana sudut pandang sang dukun itu sendiri.

*

Saya bisa menikmati bagian tengah dari film ini, tapi tidak dengan opening maupun endingnya. Film ini rasanya lebih matang di bagian pertengahan film, tapi awal dan akhirnya dieksekusi dengan kurang baik. 

Pertama, bagian dimana Mink diperkenalkan rasanya terburu-buru, sedikit terasa ada yang dipaksakan. Rasanya tempo film menjadi berubah drastis setelah Mink diperkenalkan, padahal jika bisa dijalankan dengan lebih teratur, bisa lebih memberikan kesan horror yang maksimal. Ditambah, kok bisa-bisanya Mink kesurupan pas kehidupan Nim diliput oleh reporter?

Kedua, banyak adegan yang dipaksakan untuk ditampakkan di depan kamera. Kejadian-kejadian gaib yang ada mungkin sebaiknya dibuat dengan cara diceritakan oleh narasumber, dan bukannya sang kameramen yang menangkap langsung kejadian itu di depan lensa.

Ketiga, endingnya kurang puas. Adegan ritual selama beberapa menit awal benar-benar membuat jantung berdebar, tapi seketika menjadi ‘waduuh~’ dan rasanya tidak perlu. 

Bagian tengahnya yang saya paling nikmati. Adegan-adegan creepy yang menyelinap sampai ke bawah kulit. Ada satu jumpscare saja yang benar-benar mengagetkan di film ini, dan saya menikmatinya. Bagian-bagian dimana ada kelakuan-kelakuan Mink yang absurd adalah sebaik-baiknya sebuah film horror yang mengangkat tema kesurupan.

*

Secara keseluruhan, saya puas dengan film ini. Saya menikmatinya, meskipun banyak hal-hal yang masih menjadi kekurangan—secara subjektif. Menarik sekali menikmati sebuah sajian horror yang amat kental dengan tema kebudayaan. Banyak simbolisme, serta corak unik yang saya rasa, menjadi kunci kenapa begitu banyak orang begitu memuji film ini.

Salah satu film horror Thailand masa kini yang berhasil bukan hanya ketika filmnya diputar, tapi bagaimana setelah penonton kembali ke kehidupan nyata, penonton masih dihantui dengan Mink yang bisa saja mondar-mandir di kamar tidur ketika kita terlelap.

Nonton 24 November 2023

Leave a comment

Not of This Earth (1988)Not of This Earth (1988)4th Apr 2024Azi Satria
The House On Hooter Hill (2007)The House On Hooter Hill (2007)23rd Feb 2024Azi Satria
Design a site like this with WordPress.com
Get started